Siman Sudartawa bertekad rebut emas dan pertajam rekor SEA Games

Perenang dari Singapura dan Vietnam memang sudah menjadi rival abadi.

Jakarta (CuciMata) – I Gede Siman Sudartawa siap tampil sebagai salah satu atlet renang andalan Indonesia untuk merebut medali emas pada SEA Games 2019 Filipina dan ada satu lagi target yaitu mempertajam rekor di kejuaraan dua tahunan tersebut.

Sesuai dengan jadwal, atlet asal Bali itu akan mengawali perlombaan di Clark Aquatic Centre, Filipina, Rabu (4/12). Sasaran utamanya meraih emas dan pemecahan rekor pada kelas 50 meter gaya punggung.

“Memang benar, saya menargetkan emas sekaligus pertajam rekor SEA Games,” kata Gede Siman Sudartawa dalam keterangan resminya usai ujicoba kolam.

Baca juga: Siman incar emas 50 meter gaya punggung SEA Games 2019

Pada SEA Games 2017, Siman berhasil membukukan waktu 25,20 detik dan sukses meraih medali emas nomor 50 meter gaya punggung sekaligus memecahkan rekor SEA Games. Rekor sebelumnya dicetak atlet asal Singapura, Zheng Wen Quah. Zheng dengan catatan waktu 25,27 detik pada SEA Games 2015.

Menurut Siman, untuk mencapai target memang tidak mudah karena banyak atlet muda dari negara pesaing muncul. Sebut saja perenang asal Vietnam ataupun Singapura. Begitu juga dengan atlet tuan rumah yang selama ini belum begitu dikenalnya.

“Perenang dari Singapura dan Vietnam memang sudah menjadi rival abadi. Soal perenang Filipina, saya belum tahu kekuatannya seperti apa, karena banyak perenang naturalisasi,” kata Siman menambahkan.

Siman pada SEA Games 2019 akan tampil di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Perenang berusia 25 tahun itu juga akan tampil di nomor 4×100 meter gaya bebas dan 4×100 meter estafet.

Sebelum berlaga di Filipina, Siman menimba ilmu bersama pelatih asal Amerika Serikat, Sergio Lopez di Virginia Tech University, Amerika Serikat sejak 3 September hingga 23 November.

Terkait dengan target medali, renang diharapkan mampu menyumbang empat medali emas. Selain dari Siman, emas diharapkan datang dari Triady Fauzi Sidiq (200 meter gaya ganti), Gagarin Nathaniel Yus (100 meter gaya punggung), dan Farrel Armandio Tangkas (200 meter gaya punggung).

Tiga nama pertama merupakan peraih medali emas SEA Games 2017 Malaysia. Sementara Farrel adalah perenang 18 tahun yang diharapkan bisa menggantikan peran Indra Gunawan yang di SEA Games dua tahun lalu sukses meraih medali emas nomor 50 meter gaya dada.

Baca juga: Siman rajai nomor 50m gaya punggung putra IOAC 2018

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © CuciMata 2019

Sumber: Antaranews.com

Topic:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Just For You