Pindah Kerja di Industri Digital dan Teknologi, Gaji Bisa Naik 50%

Laporan Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 mengungkapkan bahwa semakin pesatnya pertumbuhan industri digital dan teknologi membuat 73% responden merasa positif tentang lapangan kerja yang tersedia.

Laporan ini berdasarkan 5.000 data di bank data dan jaringan Michael Page di Indonesia, yang juga termasuk iklan lowongan pekerjaan dan penempatan dari Juli 2018 hingga Juni 2019.

Yang menarik, berdasarkan laporan ini, peningkatan gaji saat pindah kerja bervariasi di setiap industri. Bagi mereka yang beralih ke pekerjaan baru di industri yang sama di 2020, kenaikan gaji paling tinggi sebesar 50% ditawarkan oleh industri digital dan teknologi. Angka itu sejalan dengan pertumbuhan kedua sektor ini selama tiga tahun terakhir.

Berbicara mengenai kenaikan gaji, industri digital dan teknologi menawarkan kenaikan gaji antara 15-50% bagi mereka yang berhasil pindah kerja, namun masih dalam sektor yang sama. Peningkatan ini utamanya disebabkan oleh bertambahnya permintaan akan sejumlah posisi di industri tersebut, seperti di level pimpinan di bidang teknis (engineering), pengembangan usaha digital, analisis data, manajer pemasaran, dan manajer produk digital.

“Selama 2019, kita saksikan sendiri bagaimana industri teknologi semakin membutuhkan ahli-ahli di bidang Big Data dan keamanan siber. Tahun depan, kita juga akan menyaksikan sektor-sektor baru akan bangkit, seperti agritech, logistik, pendidikan, dan layanan kesehatan,” kata Olly Riches, Presiden Direktur Michael Page Indonesia di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Selain mencatat kenaikan gaji saat pindah kerja di industri digital dan teknologi, Michael Page Indonesia Salary Benchmark 2020 juga mencatat kenaikan gaji di sektor lainnya. Profesional di industri bisnis dan layanan keuangan, serta di industri konsumsi dan ritel bisa mengharapkan kenaikan gaji rata-rata hingga 25%.

Sementara industri properti dan konstruksi menawarkan kenaikan antara 20-35%, lebih tinggi bagi pencari kerja dengan latar belakang pengalaman teknik sipil dan desain, sales di sektor real estate dan commercial estate, serta pemegang sertifikasi Project Management Professional (PMP).

Sumber: Vivanews.com

Topic:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Just For You