Kisah Viral Mahasiswa ITB 7 Malam Tak Tidur Kerjakan Skripsi Hingga Berakhir Menyedihkan

Jahuda | Twitter

CuciMata – Skripsi masih jadi tugas wajib sebelum mahasiswa diberi gelar sarjana.

Sebagai prasarat kelulusan, mahasiswa harus menyelesaikan skripsinya dengan waktu yang telah ditentukan.

Tak heran jika banyak diantaranya yang memilih begadang demi cepat sidang.

Namun apakah begadang akan memuaskan semua pihak? Tentu tidak, karena efeknya akan berakibat buruk bagi tubuh.

Seperti cerita viral yang baru saja menghebohkan media sosial berikut ini.

Belum lama ini seorang mahasiswa ITB membuat thread di Twitter yang mengisahkan prosesnya menyelesaikan skripsi.

Cerita itu dibagikan langsung oleh Jehuda Christ Wahyu alias @Jechriswa pada 25 Oktober 2019 lalu.

Cuitannya tersebut diberi judul Anemia of chonic disease, skripsi, dan wisuda ITB.

Di sanalah cerita viral ini dimulai.

Jehuda sempat menyebutkan jika dirinya begadang menyelesaikan skripsinya tanpa tidur.

Tak main-main, dia sampai tak tidur 7 malam demi kelancaran tugas akhirnya itu.

Lalu apa yang terjadi? Gara-gara begadang terus menerus, Jehuda pun akhirnya jatuh sakit.

Kondisinya semakin menurun setelah skripsinya dinyatakan lulus oleh pihak kampus.

Tak lama setelah thread-nya itu lalu viral, Jehuda pun lantas memprivat akun Twitternya.

Kurang lebih seperti ini cerita yang diambil dari thread-nya.

“Ceritanya dimulai dari gue ngerjain skripsi sampe mau mati, 7 hari berturut2 malem ga tidur, siangnya tidur. Sampe ujung ujung nya sidang (13 Sept) gue dinyatakan lulus. Puji Tuhan,” tulisnya.

Hasilnya begadang memang tidak mengecewakan, namun kesehatannya yang jadi kacau.

Usai sidang kesehatan Jehuda makin memburuk dan menyebabkan dia tak lagi nafsu makan.

Karena itulah Jehuda hanya makan sehari sekali saking tak minat.

“Terus kebahagiaan gue berkurang karena kertika makan setelah sidang, kok rasa makanan nya ga enak. Yauda terus gue ga apa apain, Sambil urus yudisium, nafsu makan gue terus berkurang. Gue makan sehari sekali kali,” thread selanjutnya.

Tak ingin makin berkepanjangan, Jehuda pun memutuskan untuk pergi ke rumah sakit.

Dari hasil pemeriksaan menunjukkan jika kondisi Jehuda saat itu terkena tipes, darah rendah, infeksi kronis, hingga diduga sakit ginjal.

Hasilnya semua sempat berbeda-beda.

Mirisnya lagi, Jehuda sempat dinyatakan terkenak sakit paru-paru (TBC) hingga anemia.

Kondisi yang semakin menurun membuatnya tak bisa mengikuti proses wisuda.

Ia mengaku lemas dan berat badannya mulai menurun.

Nadinya pun mulai berdetak kencang meski saat diperiksa semuanya dinyatakan normal.

“Hasil rekam jantung menunjukkan gue normal, tapi nadi gue deg deg an. Gabisa membuang semua kemungkinan ada masalah jantung. Tapi untungnya darah gue udah jauh lebih baik, meski masih anemia juga,” jelasnya lagi.

Semua yang dia rasakan saat itu membuatnya tersadar jika begadang untuk skripsi pun tak baik hingga dia akhirnya berpesan.

“Sekarang gue udah semakin baikan, Inti dari semua ini: KALO MAU NGERJAIN TA1 DAN TA2 PLIS PLIS PLIS JAGA KESEHATAN JUGA. Sedih hatiku hancur berkeping-keping gaikut rangkaian wisuda himpunan samsek. Jaga kesehatan semuanya! Aku menyesal kenapa bisa sakit, ya emang gatau sih sakitnya apa. Silahkan yang mau meneliti 7x hasil lab darahku aku terbuka banget wkwkwk,” tutupnya.

Instastory kakak Jehuda | Instagram

Setelah cuitan ini beredar tak ada lagi kabar dari Jehuda.

Bahkan akun Twitter dan Instagramnya pun telah diprivat.

Akan tetapi dalam pencarian lain teman-teman Jehuda bermunculan di twitter mengucapkan belasungkawa.

Mereka menyebut jika Jehuda telah menghebuskan nafas terakhir pada 24 November 2019.

Menanggapi hal itu, kakak kandung dari Jehuda juga membuat Instagram story yang mengunggah ucapan belasungkawa teman-teman adiknya.

Dalam akun lain, seorang bernama Reksa Manggala mengunggah foto kebersamaanya dengan Jehuda dan teman yang lain sedang memakain Toga.

Jehuda dan teman-temannya | Twitter

“Yup, Kenalin Ma, itu Jehuda (Jeje) dan Wiwit temenku, temen satu kelompok tugas akhir. Doakan ya ma, hari minggu kemarin Jeje meniggal karena sakitnya,” tulis akun tersebut.

Dari sini kita bisa belajar banyak, jika mengerjakan apapun ada porsinya.

Karena pada dasrnya kesehatan tetaplah nomor satu.


Sumber: Viralnesia.com

Topic:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Just For You