Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Jawa. Jawa Tengah memiliki wilayah yang paling kecil jika dibandingakan Jawa Timur dan Jawa Barat yakni seluas 32.548 km2. Akan tetapi, provinsi yang terkenal dengan budaya tata kramanya ini memiliki destinasi wisata yang melimpah, khususnya wisata sejarah.

Tak hanya Candi Borobudur, Jawa Tengah juga memiliki candi yang tak kalah indah dan juga memiliki kisah sejarah. Bagi kamu yang mencintai sejarah dan budaya, tentu saja mengunjungi peninggalan sejarah berupa candi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi candi-candi ini bisa dijadikan spot foto yang instagramable, menarik sekali, kan?

1. Candi Borobudur

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Candi Borobudur, orang Indonesia pasti sudah familier dan mengenal dengan candi ini. Candi yang terletak di Magelang ini merupakan candi peninggalan kerajaan Buddha. Sebagai salah satu peninggalan Buddha, Candi Borobudur tentu saja memiliki keistimewaan.

Keistimewaan tersebut antara lain pencapaian estetika arsitektur. Megahnya bangunan Borobudur juga menjadi satu daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan. Mungkin candi ini menjadi satu destinasi wajib untuk wisata, baik liburan keluarga atau kunjungan instansi.

2. Candi Gedong Songo

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Candi Gedong Songo merupakan candi yang terletak di Bandungan, Kabupaten Semarang. Jika kalian mengunjungi Candi Gedong Songo, jangan sampai lupa untuk berfoto ya. Di candi ini banyak terdapat spot menarik untuk berfoto seperti balon raksasa, sangkar, dan masih banyak lagi.

Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi, tentu saja memiliki nilai sejarah yang menarik. Penamaannya candi ini diambil dari bahasa Jawa, yakni “gedong” yang berarti bangunan dan “songo” yang berarti sembilan. Namun karena termakan usia, kini hanya beberapa candi yang masih bisa kamu lihat di sini.

3. Candi Plaosan

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Candi Plaosan merupakan salah satu candi di Jawa Tengah yang berada di kawasan Bugisan, Klaten. Candi Plaosan ternyata menyimpan kisah kekuatan cinta dan toleransi dalam sejarahnya. Candi yang dibangun pada pertengahan abad ke-9 ini melambangkan kisah cinta Rakai Pikatan dan Pramodawardhani.

Candi ini terbagi menjadi dua, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul dan memiliki halaman luas dengan rumput hijau. Suasana yang asri membuat pengunjung menjadi semakin nyaman ketika berada di sana. Candi Plaosan juga tak kalah instagramable, sangat cocok untuk foto bersama pasanganmu.

4. Candi Mendut

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Lokasi Candi Mendut berada di Mungkid, Magelang dan hanya berjarak sekitar 2 km saja dari Candi Borobudur. Berdasarkan catatan sejarah, Candi ini diperkirakan berusia lebih tua jika dibandingkan dengan Candi Borobudur. Namun, Candi Mendut juga tak kalah keren untuk kalian yang suka berfoto.

Tidak hanya itu, Candi Mendut juga menyimpan banyak fakta sejarah menarik. Relief yang ada pada candi ini memiliki makna tersendiri, seperti kisah Brahmana dan seekor kepiting, angsa dan kura-kura, hingga Dharmabuddhi dan Dustabuddhi. Itulah mengapa candi ini dijadikan sebagai destinasi wisata sekaligus edukasi.

5. Candi Pawon

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Satu lagi candi yang tidak jauh dari Candi Borobudur, yaitu Candi Pawon. Kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit dengan jarak kurang lebih 2 km ke arah timur Candi Borobudur untuk mencapai candi ini. Candi ini juga tak kalah megah dan indah serta instagramabe.

Selain itu, Candi yang berada di Wanurejo Magelang ini pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat untuk menyimpan senjata para raja. Menariknya lagi, kalian akan disuguhkan dengan udara segar khas alam pegunungan saat menuju lokasi candi.

6. Candi Pringapus

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Candi Pringapus dibangun pada tahun 852 Masehi, kini candi ini masih berdiri kokoh di Desa Pringapus, Temanggung. Salah satu daya tarik dari Candi Pringapus adalah ornamen pahatannya yang sangat halus dan indah. Hal ini menunjukkan sebuah karya seni tinggi di zaman pembuatannya.

Selain itu, ada sebuah kolam yang airnya tak pernah kering meski musim kemarau. Candi ini juga tak kalah menawan bagi kalian yang mau mengambil foto. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro, membuat suasana sangat nyaman dan tenang. Candi ini berada di Timur Laut sekitar 32 km dari pusat kota Temanggung untuk mencapai candi tempat pemujaan Dewa Syiwa pada zaman dahulu ini.

7. Candi Sukuh

Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Candi Sukuh merupakan candi yang berada di Desa Berjo, Karanganyar. Candi ini berbeda dengan candi-candi pada umumnya di Indonesia. Candi Sukuh memiliki bentuk yang cukup unik dengan menyerupai piramida Chichen Itza di Meksiko. Selain itu, di candi ini juga ada relief yang tak umum, yaitu menyerupai alat kelamin.

Bukanya tanpa arti, hal tersebut dimaknai sebagai lambang kesuburan dan keberlangsungan hidup antar generasi. Selain itu, lokasi candi yang berada di lereng Gunung Lawu membuat kesejukan dan pemandangan menakjubkan. Sehingga sangat cocok jika kamu ingin berfoto di tempat ini.

Dari candi yang ada di Jawa Tengah tersebut, mana candi yang sudah kalian kunjungi? Jangan lupa untuk mengunjungi candi yang lainnya, ya. Selain tempatnya yang instagramable, kalian juga bisa menambah wawasan sejarah.

Inspired From: IDNTimes

Topic:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Just For You