Hasil kunjungi Papua, Menko Polhukam: Situasi aman dan kondusif

Jakarta (CuciMata) – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan situasi di Papua sejauh ini aman dan kondusif, dari hasil kunjungannya ke Papua beberapa waktu lalu.

“Papua itu kondusif sebetulnya. Memang ada beberapa pelaku kekerasan atau KKB di beberapa titik. Tetapi kan itu beberapa, kecil lah,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin.

Dalam kunjungannya itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berkeliling bertemu dengan banyak tokoh dan perwakilan masyarakat di Papua.

Menurut dia, pertemuannya dengan berbagai pihak terkait di Papua itu telah mewakili masyarakat.

“Iyalah, mewakili masyarakat. Tidak mewakili separatis,” tegas Mahfud.

Mahfud kembali menegaskan kondisi Papua secara umum baik dan masyarakat juga sudah beraktivitas seperti biasa.

“Bagus Papua. Seluruhnya, saya berkeliling di Kota Jayapura, aman, masyarakat senang, seperti biasa saja, duduk-duduk di pinggir jalan,” katanya.

Sebelumnya, Mahfud bertolak ke Papua untuk bertemu dengan berbagai tokoh, menjelang tanggal 1 Desember yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Di antaranya, Mahfud berdialog dan bertatap muka dengan para tokoh Papua dalam forum komunikasi yang digelar di salah satu hotel ternama di Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Sabtu (30/11) pagi.

Para tokoh Papua itu, antara lain Ketua NU Papua Tony Wanggai, Sekjen BMP Papua Yonas Nussy, tokoh pegunungan Briyur Wenda, tokoh perempuan Dorince Mehue, Simon Kossay, dan Markus Giay serta tokoh lainnya.

Selain itu, Mahfud juga bersilaturahim dengan kader, pengurus HMI Jayapura, dan KAHMI Provinsi Papua di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Baca juga: TNI/Polri tembak mati dua anggota KKB Lanny

Baca juga: Pemprov Papua apresiasi situasi kondusif pasca HUT OPM 1 Desember

Baca juga: Mendagri akui terima aspirasi pemekaran dari masyarakat Papua

Baca juga: Mendagri minta rakyat Papua dukung Sensus Penduduk 2020

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © CuciMata 2019

Sumber: Antaranews.com

Topic:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Just For You