Cara Backup dan Restore Game Epic Games Launcher

Epic Games Store adalah sebuah platform distribusi game digital yang baru rilis pada 6 Desember 2018. Walau terbilang baru, tapi Epic Games sudah berhasil menarik minat pasar gamers lho dengan menggandeng para developer dan publisher game untuk merilis secara eksklusif game mereka ke platform ini. Bahkan sudah banyak lho developer yang pindah dari Steam ke Epic Games.

Nah sayangnya pada client Epic Games Launcher tidak menyediakan fungsi Backup dan Restore, mereka hanya menyediakan uninstall dan redownload saja. Cara ini juga termasuk untuk memindahkan file game ke folder atau drive lain.

Tutorial ini bisa digunakan untuk semua jenis game yang ada di Epic Games tidak terkecuali, seperti yang populer Fortnite, Red Dead Redemption, Star Wars Jedi: Fallen Order, Shuenmue III, Borderlands 3, The Outer Worlds dan masih banyak lagi. Inilah cara backup dan restore game di Epic Games Launcher.

Cara Backup File Game di Epic Games Launcher

Pertama kamu perlu buat backup gamenya. Pergi ke folder game install, secara default lokasi berada di C:Program FilesEpic Games dalam folder itu akan berisi semua game yang sudah di download.

Klik kanan pada folder game yang ingin di Backup lalu pilih Copy

ADVERTISEMENT

Cara Backup Game Epic Games Launcher ke 1
Cara Backup Game Epic Games Launcher ke 1

Paste folder game ke lokasi yang lain, sebagai contoh pindah dari C: drive ke D: drive, kamu pergi ke D: drive lalu buat folder Backup dan Paste.

Cara Backup Game Epic Games Launcher ke 2
Cara Backup Game Epic Games Launcher ke 2

Baca juga:

Jika sudah silahkan uninstal game atau biarkan saja, yang penting file Backup tetap disimpan. Saatnya cara restore di bawah ini:

Cara Restore File Game di Epic Games Launcher

Buka Epic Games Launcher client, pergi ke Library, Install game yang sudah di Backup tadi secara normal. Secara default akan terinstall kembali di lokasi C:Program FilesEpic Games.

Setelah itu Epic Games Launcher akan segera mulai mengunduh gamenya, tunggu proses “Initializing” hingga selesai. Ketika sudah berubah menjadi “Installing” segera klik “X” di bawah judul game untuk membatalkan unduhan.

Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 1
Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 1

Tutup client Epic Games Launcher dengan menekan tombol “X” pada bagian atas kanan.

Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 2
Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 2

Pindah Folder Backup Game ke Lokasi Folder Download yang Baru

Silahkan buka folder game yang baru, secara default berada di C:Program FilesEpic Games.

Move atau Copy folder game yang tadi sudah di Backup ke folder game yang baru, secara default berada di C:Program FilesEpic Games. File dalam folder hasil Backup akan segera pindah ke folder baru.

ADVERTISEMENT

Jika ada popup Replace or Skip Files, pilih saja Replace the files in the destination

Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 3
Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 3

Buka ulang Epic Games Launcher dan lanjutkan proses Instalasi

Pergi ke Library dan klik Resume pada game yang ingin di Restore.

Epic Games Launcher akan segera scan folder yang sudah di isi oleh hasil Backup. Status akan berubah menjadi “Verifying” untuk memverifikasi, dan bukan download ya.

Tapi jika ada masalah dengan suatu file, atau ada file hilang, ada update, atau corrupted maka status akan menjadi “Downloading”. Tapi biasanya itu tidak selama dibanding mendownload dari awal.

Jika “Verifying” sudah penuh akan berubah status menjadi “Launch” yang bertanda game sudah bisa dimainkan.

Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 4
Cara Restore Game Epic Games Launcher ke 4

Kamu bisa menyimpan hasil Backup tadi ke drive lain atau external USB untuk sewaktu-waktu butuh restore tanpa perlu mendownload dari awal.

Begitulah tutorial Cara Backup dan Restore Game di Epic Games Launcher, tak hanya berlaku ke Fortnite saja tapi ke semua game yang ada di sana. Cara ini juga termasuk untuk memindahkan file game ke folder atau drive lain. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat, jika memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar bawah.

Source: VazGaming

Topic:

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

Just For You